Kamis, 18 November 2010

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja


Maaf kawan-kawan ini bukanlah sebuah tips atau jalan keluar masalah. Tapi hanya sebuah masukan. Nahhhhhhhhhhh namanya saja juga masukan, boleh dipakai juga boleh tidak semua terhgantung yang akan melakukannya tapi yang jelas mudah-mudahan ada manfaatnya dan ini merupakan rangkuman dari beberapa sumber yang dapat kami peroleh dan kami suguhkan mungkin sebenarnya lebih dari pada itu.
Pokoknya kami mohon maaf sebesar2nya bila ada kata atau tulisan yang tidak berkenan di hati kawan-kawan, tapi kami sudah mencoba untuk yang terbaik.

Dalam kehidupan nyata sering timbul masalah yang sebenarnya sangatlah sepela dan itu tanpa kita sadari sebelumnya, yaitu penyakit “Kepercayaan Diri”. Nah dalam meningkatkan rasa percaya diri adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan sifat rendah diri. Ketika kita sudah mampu memperoleh kepercayaan diri, maka dengan sendirinya, sifat rendah diri itu akan hilang. Ingat, rendah diri berbeda dengan rendah hati. Rendah diri adalah sifat buruk yang terjadi sebab seseorang tidak memiliki rasa percaya diri yang bagus. Sedangkan rendah hati adalah sifat baik di mana seseorang bisa lebih menghargai dirinya dan orang lain di sekitarnya.

Ada beberapa cara yang bisa dijalani untuk meningkatkan kepercayaan diri.
Antara lain :

1. Lakukan sesuatu
Belajarlah untuk melakukan sesuatu yang berguna buat hidup kita. Berdiam diri dan tidak melakukan apa pun, hanya sebagai penonton saja membuat seseorang tidak akan berkembang. Melakukan sesuatu yang berguna bagi kehidupan kita dan orang lain akan membuat kita menjadi orang yang berharga dan dihargai. Dua hal yang bisa meningkatkan rasa percaya diri.

2. Belajar mengambil keputusan
Mengambil sebuah keputusan dalam hidup memerlukan sebuah kepercayaan diri. Belajar mengambil keputusan berarti belajar melatih kepercayaan diri. Bertanya sebelum mengambil sebuah keputusan tentu dianjurkan. Tapi, pengambilan keputusan harus dilakukan oleh kita sendiri tanpa adanya intervensi dari pihak lain.

3. Nikmati apa yang kita kerjakan
Menikmati apa yang kita lakukan adalah sebuah indikasi bahwa kita telah melakukan sesuatu yang benar. Melakukan sesuatu yang baik dengan hasil yang memuaskan akan menambah kepercayaan diri.

4. Kenali diri sendiri
Sudahkah kita mengenali siapa diri kita yang sebenarnya? Seperti apa diri kita? Apa yang menjadi kelebihan kita dan apa yang menjadi kekurangan? Dari situ, kita akan tahu harus melakukan apa dalam hidup kita.

5. Fokus utama pada kelebihan
Seseorang dikenal atas dasar kelebihannya, bukan kekurangannya. Jangan terlalu sibuk dan minder dengan kekurangan, tapi asahlah kelebihan yang akan menjadi kekuatan. Apa yang menjadi kelebihan kita, itulah yang harus kita optimalkan. Jangan terlalu bernafsu untuk menjadi orang bisa melakukan semua hal.

6. Membenahi kekurangan
Setelah kita berhasil mengoptimalkan kelebihan kita, barulah mulai memperbaiki kekurangan kita sedikit demi sedikit. Tapi jangan terlalu fokus dalam memperbaiki kekurangan, sehingga kita lupa mengasah dan meningkatkan kelebihan yang kita miliki.

7. Berani mencoba
Jangan takut salah dan gagal. Setiap orang pernah salah dan pernah gagal. Kesalahan akan membuat kita lebih berhati-hati. Dan kegagalan adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Jangan pernah berhenti untuk melakukan sesuatu, mencoba dan terus mencoba. "kegagalan yang sebenarnya, adalah saat di mana kita berhenti mencoba."

8. Bersikap tenang dan wajar
Grogi, ragu, malu, bimbang dan cemas adalah sebuah indikasi seseorang sedang tidak memiliki kepercayaan diri yang baik. Cobalah untuk bersikap tenang dan wajar. Fokus pada apa yang akan kita lakukan. Dengan bersikap tenang, kita akan lebih bisa menguasai keadaan baik keadaan di sekitar kita atau pun keadaan dalam diri sendiri. Mampu berpikir lebih kreatif dan realistis.

9. Buat daftar kesuksesan
Buatlah daftar kesuksesan yang sudah kita raih, mulai dari hal-hal yang paling kecil. Apa yang sudah kita lakukan dan berhasil adalah motivasi kita untuk melakukan langkah selanjutnya. Kita telah melakukan sesuatu di masa lalu dan berhasil, kita juga bisa melakukan hal yang sama di masa kini dan masa mendatang. Bukan begitu..?

10. Belajar dan menambah wawasan
Kepercayaan diri akan timbul dengan sendirinya ketika kita sudah memiliki ilmu dan wawasan yang luas. Dengan memiliki wawasan yang luas seseorang akan lebih mampu dan tahu bagaimana cara bersikap dan menyelesaikan masalah. Wawasan membuat seseorang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak. Tapi ingat, Jauhkan diri kita dari sifat sombong dan meremehkan orang lain.

Cara-cara meningkatkan kepercayaan diri di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya cara yang bisa dilakukan. Mungkin kawan-kawan ada tambahan silahkan masukkan di kolom komentar ok.
Semoga bermanfaat.

Salam Persahabatan,
Ok-Yadi

2 komentar:

arnie mengatakan...

masukan ya makasih banget, da keluarkan gak hehehe

Ien_Moet mengatakan...

klo terllu PD gmana kak

Posting Komentar

Popular Posts

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons