Kamis, 05 November 2009

Ketika Bisnis Digerakkan oleh Hati Nurani


Perusahaan terbaik, kinerja terbaik, produk terbaik, pelayanan terbaik, selalu muncul dari motivasi dan niat baik yang dimulai dari hati.

Ciri perusahaan-perusahaan yang memiliki keunggulan jangka panjang, ternyata tidak dimulai dengan konsep, stategi bisnis yang cermat dan jelas. Kebanyakan mereka ternyata lebih didorong oleh semangat kuat untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Dengan semakin sepatnya perkembangan teknologi, meningkatnya kompetisi global, dan semakin pendeknya siklus hidup produk (product life cycle), maka konsep, gagasan, pemikiran apapun yang merupakan karya intelektual (head) akan pula semakin cepat usang. Sebaliknya, profesionalisme yang didukung nilai-nilai idealisme (prinsip) yang lahir dari HATI nurani, terbukti mampu bertahan dan tetap relevan terhadap lingkungan yang selalu berubah dan sulit dipridiksi.

Nilai-nilai inti yang lahir dari keluhuran hati tersebut ternyata terbukti efektif dalam membangun bisnis atau membangun perusahaan besar, kecil, atau lembaga apapun yang melibatkan pemberdayaan manusia di dalamnya.

Gagasan yang dikemukakan di sini tidak bermaksud mengesampingkan peran rasio dalam mengelola dan mengembangkan bisnis. Melainkan, ulasan ini bermaksud mengangkat kembali unsur yang telah lama hilang atau kurang berperan dalam dunia bisnis modern, yaitu keterlibatan HATI NURANI. Ketidak seimbangan yang semakin berat sebelah dan lebih pada pragmatism heavy ini, coba diseimbangkan kembali melalui sejumlah opini, testimonial, analisa, dan berbagai pandangan dari beragam sumber referensi yang disajikan.

Serangkaian kisah dari berbagai perusahaan terkemuka yang berumur lebih dari 50 tahun, menunjukkan habwa faktor terpenting saat menghadapi masalah adalah kemampuan untuk melihat ke dalam hati dan meninjau landasan dalam diri kita mengenai nilai-nilai inti, praktik dan hubungan bisnis yang kita jalankan. Beberapa perusahaan membuktikan bahwa kunci keberhasilan yang berkesinambungan dalam kegiatan perusahaan maupun kehidupan individu berasal dari kearifan-kearifan yang datang dari hati nurani.

Seiring dengan berjalannya waktu, keluhuran hati akan menjadi salah satu ciri kekuatan sebuah bisnis maupun organisasi. Ciri keluhuran hati tersebut terletak pada sikap sebuah perusahaan yang peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan, hubungan, lingkungan dan segala aspek kualitas yang diperlukan dalam menciptakan keunggulan dan keberhasilan jangka panjang. Setiap perusahaan memiliki kesempatan untuk menjadi ”Perusahaan yang Berhati Nurani”!

Sumber---Intra2004

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons